Selasa, 25 Januari 2011

Jaman Akhir Pajajaran (Migration To Philiphines?)

Satu Mitos Tentang Hilangnya Kerajaan Pajajaran. Berakhirnya kerajaan ini seperti  layaknya ditelan bumi dan lebih dikenal sebagai masa Tilem .

Bila kita runut peristiwa yang terjadi dari beberapa literature yang penulis dapat

-      Bahwa Pajajaran lenyap pada tanggal 11 bagian terang bulan Wesaka tahun 1501 Sak atau Kira-kira jatuh pada tanggal 8 Mei 1579 M.

-      Kenyataan yang lain bahwa bekas Kerajaan Pajajaran baru ditemukan oleh Scipio (seorang Belanda)  pada 1 September 1687.

Jadi kurang lebih 110 tahun bekas bekas dari kerajaan ini baru ditemukan lagi dan sudah diselimuti semak belukar seakan-akan ditinggalkan secara tiba-tiba oleh seluruh rakyatnya. Maka wajar kalau ada anggapan kerajaan seperti ditelan bumi.

Pada masa itu  Bogor merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Demak yang berpenduduk 49.197 jiwa.

-      Pasukan  Portugis yang datang dari Goa India melalui Malaka sampai pada tanggal 30 Juni 1527  yang dipimpin de Saga yang kemudian mencoba menyerang lagi pada tahun 1529 dengan 8 buah kapal untuk melakukan serangan balasan.

-      Sedangkan pada tahun 1681 kumpeni melakukan persetujuan dengan Cirebon dan pada tahun 1684 dengan Banten.

Seperti kita ketahui bahwa Kerajaan Pajajaran menghadapi serangan dari barat dengan kerajaan banten dan sebelah timur dengan kerajaan Cirebon yang di bantu oleh kerajaan demak.Raja Raga Mulya sebagai raja terakhir Pajajaran (1567 – 1579).

Pertanyaan apa yang terjadi dengan penduduk dari kerajaan Pajajaran?

Beberapa pendapat percaya bahwa penduduk kerajaan ini ada yang melarikan diri ke tempat yang sekarang ditempati suku Baduy. Adakah kemungkinan lain???

Kita lihat bahwa Portugis terakhir melakukan penyerangan pada tahun 1529 lalu pertanyaan apakah  setelah itu apakah Portugis tidak datang lagi???

Sedangkan Belanda baru benar-benar berhasil meletakkan kukunya pada tahun 1681 setelah diadakan perjanjian dengan kerajaan Cirebon. Jadi antara kurun waktu 1530 sampai 1681 nmasih adanya kemungkinan pengaruh Portugis/Spanyol di tanah air.

Kita beralih ke topik lain yang mendukung alasan kenapa pengaruh Portugis/Spanyol masih ada pada kurun waktu tersebut. Kalau kita lihat pada Negara tetangga kita Filipina. Bahasa asli Tagalog yang belum disisipi bahasa spanyol terdapat banyak sekali kosakata yang sama/mirip bahasa sunda.

Beberapa kata yang sama/mirip adalah sebagai berikut:

Sunda               Tagalog                        Melayu


Irung                Ilung                           Hidung


Tuur                 Tuhut                         Dengkul


Buuk                Buhuk                         Rambut


Kelebuh           lelebug                        Tenggelam


Hangit              Pangit                        Hangus/Jelek


Anggang           Hanggang                   Terpisah


Ragrag              Laglag                        Jatuh


Batek               Batak                          tarik


Bini                  Bini                            Perempuan


Dan masih banyak lagi….

Jadi kemungkinan bahwa pada masa kekalahan Pajajaran , penduduk Pajajaran selain mengasingkan diri ke daerah baduy juga mereka sebagian melarikan diri /mengikuti para pelaut Portugis/Spanyol  ke pulau-pulau di Filipina.

Alasan Kedua bahwa suku bangsa Sunda mempunyai prinsip “ makan tak makan asal kumpul”kecuali untuk kondisi tertentu yang mengharuskan mereka untuk pindah.

Alasan ketiga Bangsa Filipina akan melafalkan F sebagai P seperti halnya suku bangsa


Sunda

Alasan yang keempat mereka menyebut teman dengan julukan Kabayan yang ada kemiripan dengan istilah Kabayan sebagai si pandir di kalangan masyarakat parahyangan

Hal ini hanyalah sebagai analisa dasar dari penulis yang masih banyak harus dibuktikan lebih lanjut oleh pakar-pakar sosiologi dan antropologi dan mungkin kalau perlu dengan metode DNA 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar